Minggu, 13 Desember 2009
PROGRAM TAHUNAN
Mata pelajaran : Fiqih
Kelas : VIII
SEMESTER GANJIL
No Standar Kompetensi :Memahami tata cara sujud di luar salat
Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan ketentuan sujud syukur dan tilawah 1 x 40 menit
2. Mempraktikkan sujud syukur dan tilawah 1 x 40 menit
Standar Kompetensi
Melaksanakan tata cara puasa
Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan ketentuanketentuan puasa 4 x 40 menit
2. Menjelaskan macam-macam puasa 4 x 40 menit
Standar Kompetensi
Melaksanakan tata cara zakat
Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan ketentuan zakat fitrah dan zakat mal 2 x 40 menit
2. Menjelaskan mustahik (yang berhak menerima zakat) 2 x 40 menit
3. Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal 2 x 40 menit
SEMESTER GENAP
Standar Kompetensi
Memahami ketentuan pengeluaran harta di luar zakat
Kompetensi Dasar
1.Menjelaskan ketentuanketentuan sedekah, hibah, dan hadiah 4 x 40 menit
2.Mempraktikkan memberi sedekah, hibah, dan hadiah 2 x 40 menit
Standar Kompetensi
Memahami hukum Islam tentang haji dan umrah
Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan ketentuan ibadah haji dan umrah 2 x 40 menit
2. Menjelaskan macam-macam haji 1 x 40 menit
3. Mempraktikkan tata cara ibadah haji dan umrah 1 x 40 menit
Standar Kompetensi
Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman
Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan jenis-jenis makanan dan minuman halal 1 x 40 menit
2. Menjelaskan manfaat mengonsumsi makanan dan minuman halal 1 x 40 menit
3. Menjelaskan jenis-jenis makanan dan minuman haram 1 x 40 menit
4. Menjelaskan bahaya mengonsumsi makanan dan minuman haram 1 x 40 menit
5. Menjelaskan jenis-jenis binatang yang halal dan haram dimakan 1 x 40 menit
selanjutnya..
Metode Mengajar
Guru yang profesional tentu mampu menjalankan tugas dan menjadi guru yang menyenangkan dalam proses belajar mengajar. Dengan kata lain guru harus memiliki kompetensi yang diartikan sebagai kemampuan, kecakapan dan keterampilan yang dimiliki seseorang berkenaan dengan tugas, jabatan maupun profesinya,
jadi kompetensi guru adalah kecakapan, kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh seseorang yang bertugas mendidik siswa agar mempunyai kepribadian yang luhur dan mulia sebagaimana tujuan dari pendidikan, kompetensi berhubungan erat dengan kemampuan seseorang baik kualitatif maupun kuantitatif. Sehingga guru harus memiliki dan membutuhkan pengetahuan, metode, kecakapan yangg diperlukan untuk menjalankan tugasnya. oleh karena itu guru harus memiliki kompetensi yang lebih agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Menurut Suharsimi Arikunto ada sepuluh kemampuan dasar guru atau profesional guru:
1. Menguasai bahan.
a. Menguasai bahan bidang studi dalam kurikulum sekolah.
b. Menguasai bahan pendalaman/aplikasi bidang studi.
2. Mengelola Program belajar mengajar.
a. Merumuskan tujuan instruksional.
b. Mengenal dan dapat menggunakan metode mengajar
c. Memilih dan menyusun prosedur intruksional yang tepat.
d. Melaksanakan program belajar mengajar.
selanjutnya..
Rabu, 09 Desember 2009
LAPORAN
LAPORAN PEMBINAAN MUHADARAH
MTs. NORMAL ISLAM SAMARINDA
Tahun 2006-2007
بسم الله الرحمن الرحيم
A. Latar Belakang kegiatan
Kegiatan muhadarah di Madrasah Tsanawiyah Normal Islam Samarinda merupakan kegiatan rutin sebagai bagian dari program pengembangan bidang Ibadah, muhadarah ini telah berjalan dari tahun ketahun termasuk pada tahun 2006-2007.
Sangat disadari bahwa pembelajaran di sekolah memerlukan pengembangan kemampuan siswa, tidak hanya pengembangan dari faktor kognitif semata bahkan dari faktor afektif dan psikomotorik harus mendapat perhatian dan pengembangan yang maksimal. Sekian banyak siswa yang menempuh pendidikan pada madrasah ini tentu banyak pula yang memiliki potensi dan minat.
Mts. Normal Islam dalam hal ini, siswa yang memiliki bakat dan minat akan diberikan fasilitas dan kesempatan mengasah dan memperoleh pembinaan, sehingga mampu mengembangkan potensi dirinya. Arah pembinaan dilaksanakan dengan mengacu pada dasar minat dan keinginan siswa menuju pada kemampuan dan produktivitas berprestasi.
B. Tujuan
1. Membina potensi generasi Islam yang profesional
2. Menumbuhkan motivasi berprestasi dan mengasah minat serta potensi yang dimiliki siswa.
3. Pengembangan dan implementasi Visi dan Misi MTs. Normal Islam Samarinda.
C. Pelaksana
Pelaksana kegiatan ini adalah para guru MTs Normal Islam Samarinda dengan bidang-bidang Bahasa Inggeris, Bahasa Arab, kaligrafi dan Bahasa Indonesia.
D. Waktu dan Tempat
Waktu kegiatan muhadarah ini dilaksanakan setiap hari jum’at dari jam 07.30-08.30. wita.
Tempat kegiatan pada ruang kelas dan aula MTs Normal Islam Samarinda
E. Kegiatan
Muhadarah yang dilaksanakan pada MTs. Normal Islam telah ditetapkan meliputi, Pidato Bahasa Inggeris, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia serta Kaligrafi Islam, dapat dilihat sebagai berikut:
No. | Kegaiatan | Jumlah Siswa | Pembina |
1. | Bahasa Inggeris | 14 Siswa | Ratih |
2. | Bahasa Arab | 14 Siswa | M. Jali Ideris |
3. | Kaligrafi Islam | 10 Siswa | Astuni |
4. | Bahasa Indonesia | Seluruh siswa masing-masing kelas | Wali kelas |
Kegiatan muhadarah pada tahun 2006-2007, memberi kesempatan bagi siswa untuk mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh sekolah atau institusi diluar Madrasah, seperti Festifal Imuharram 1428 H yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa pendidikan Fisika FKIP Univ. Mulawarman, lomba-lomba keagamaan pada Pusdima Polnes, serta MTQ pelajar kota Samarinda tahun 2007.
Siswa yang mengikuti kegiaatan sebagai berikut:
No | Kegiatan | Siswa |
1 | Lomba pada Festival FKIP | 1. Deliana |
2. Denanda | ||
3. Imam Rijali | ||
4. Indah Putri Ibnu | ||
5. Annisa Raihani | ||
6. Abdurrahman | ||
2. | MTQ Pelajar | 1. Erda Nur Rizki |
2. Isnani Novitasari | ||
3. Rizki Kurniawan | ||
4. Abdurrahman | ||
3. | Festifal Islam Polnes | 1. Nurhasanah |
2. Rizki | ||
F. Evaluasi
Dengan telah terealisainya kegiatan-kegiatan muhadarah, dilakukan evaluasi dan penilaian. Untuk penilaian pada siswa dilaksanakan setiap kegiatan berlangsung.
Evaluasi dilaksanakan pula setiap semester pada keseluruhan kegiatan yang telah dilaksanakan.
G. Penutup
Demikian laporan pelaksanaan muhadarah MTs. Normal Islam Samarinda tahun 2006-2007 ini disampaikan, atas perhatian dan kerjasamam semua pihak yang mendukung kegaiatan muhadarah pada MTs. Normal Islam Samarinda disampaikan terima kasih.
Samarinda, 15 maret 2007
Waka Humas Keagamaan | Pembina Muhadarah, |
M. Jali Idris | Arbiyatul Auwalin, MY, S.PdI |
Mengetahui, Kepala Madrasah, Drs. Saifi, M.Pd NIP. 150267976 |
selanjutnya..
Selasa, 08 Desember 2009
Sejarah Singkat MTs Normal Islam
Madrasah Tsanawiyah Normal Islam Samarinda adalah sebuah sekolah Menengah Pertama yang berlatar belakang pendidikan Islam. Madrasah Tsanawiyah Normal Islam Samarinda sebagai sekolah swasta yang dilahirkan oleh Yayasan Pendidikan Islam Kalimantan Timur, berada di pusat kota Samarinda bergelut bersama Sekolah Negeri yang unggul antara lain MTs. Negeri dan SMP Negeri Lainnya.
Madrasah Tsanawiyah (MTs) Normal Islam Samarinda sejak berdiri tahun 1979 dalam aktivitasnya, yaitu menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran tingkat menengah pertama yang berciri khas agama Islam, selalu dihadapkan kepada hal-hal berikut :
Disatu sisi dituntut untuk meningkatkan kualitas baik sarana dan prasarana maupun anak didik dan pasilitas, rendahnya kemampuan anak didik, baik dari segi intelektual maupun dari segi ekonomi dan tenaga pendidik yang belum memiliki spesifikasi keilmuan yang mengajar sesuai dengan bidangnya.
MTs. Normal Islam Samarinda adalah lembaga pendidikan agama yang cukup tua usianya bila dibandingkan dengan lembaga pendidikan lainnya diSamarinda, kini saatnya menuju sekolah yang dibanggakan oleh umat Islam, yaitu dengan menjadikan sekolah paforit, berprestasi dibidang agama, olahraga dan seni yang bernuansa Islam.
Dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Kakanwil Depag Kaltim Nomor 159 Tahun 2007 Tanggal 30 maret 2007, tentang status Madrasah dari Disamakan menjadi Terakreditasi ”A” dengan nomor statistik NSM. 21.2.64.72.030.01
selanjutnya..